ANDAI, AKU DAPAT MENCIPTAKAN BUKU ABJAD 4 DIMENSI…..

29 Dec 2014

Kompleksnya dunia pendidikan (khususnya bagi anak berkebutuhan khusus), membuat saya tergelitik untuk menyusuri metode pendidikan dan media pembelajaran yang digunakan. Setelah saya melakukan kegiatan PPL di SDN Sumbersari 3 Malang, sedikit banyak saya telah mengetahui tentang program pendidikan yang digunakan dalam menangani siswa berkebutuhan khusus di suatu sekolah.

Media pembelajaran dinilai sangat penting dalam membantu proses internalisasi ilmu pada memory siswa berkebutuhan khusus. Dengan adanya media pembelajaran, siswa dapat lebih mudah dalam memaknai sebuah pembelajaran.

Kali ini saya memiliki ide untuk membuat produk bernama BUKU ABJAD 4 DIMENSI. Tujuan di buatnya media ini adalah untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan membaca pada anak (terutama pada siswa berkebutuhan khusus). Sasaran penggunaan produk ini adalah untuk anak-anak yang berada dalam tahap kembang awal membaca. Baik digunakan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) maupun anak non berkebutuhan khusus (non ABK)

Dewasa ini, telah kita ketahui bahwasanya untuk tahap kembang awal anak belajar, ia akan dikenalkan dengan aspek membaca. Sedari paud (tingkat nonformal) atau TK (tingkat formal), anak akan dikenalkan dengan berbagai huruf abjad untuk melatih kemampuan membacanya.

Dalam mengenalkan huruf abjad, tidak semua anak dapat menyerap dan mengingat dengan mudah huruf abjad tersebut. Perlu media pembelajaran untuk membantu daya serap anak dalam mengingat kartu abjad yang ia pelajari. Sebelumnya di Indonesia (termasuk Kota Malang) telah ada media kartu abjad 2 dimensi yang membantu anak dalam mengingat huruf abjad yang ia pelajari. Namun, setelah dievaluasi, masih terdapat kekurangan. Media kartu abjad tidak bisa digeneralisir efektif, karena rangsangan yang diberikan pun terbatas hanya melalui aspek visual saja. Tak hanya itu, media kartu abjad juga memiliki keterbatasan, ia hanya bersifat sebagai media pengenalan huruf saja dan tidak melatih anak untuk merangkai huruf hingga menjadi kata bermakna.

Oleh karenanya, saya memiliki ide yang mungkin bisa saya realisasikan beberapa waktu mendatang atau mungkin terdapat pihak-pihak yang bisa merealisasikan ide saya ini. Ide saya ini tentang pengadaan BUKU ABJAD 4 DIMENSI. Produk ini dibuat dengan berbagai macam kelebihan, diantaranya sebagai berikut:

1. Buku abjad 4 dimensi dapat digunakan pada anak berkebutuhan khusus (ABK) dan anak non berkebutuhan khusus (non ABK)

2. Buku abjad 4 dimensi, didesaign menggunakan rangsangan sensory audio visual

3. Buku abjad 4 dimensi dapat digunakan dimana saja, karena desaign bukunya yang simple dan mudah dibawa kemana saja

4. Buku abjad 4 dimensi, dapat melatih anak dalam merangkai huruf menjadi suatu kata bermakna

5. Buku abjad 4 dimensi ini, juga dapat melatih kemampuan sensori anak karena huruf yang ada dalam buku ini akan dicetak timbul

6. Anak dapat menirukan setelah mendengar suara-suara pelafalan abjad yang ditimbulkan dalam buku ini, sehingga kemampuan membaca anak dapat terlatih dengan baik.

Memang sejauh ini, buku abjad 4 dimensi masih berbentuk ide baku saja. Harapannya, setelah saya menuliskan di blog ini, semoga saja ide saya tentang pengadaan buku abjad 4 dimensi ini dapat terealisasi. Entah saya yang merealisasikannya suatu saat nanti atau orang lain pun yang merealisasikannya juga taka pa. Yang penting, buku abjad 4 dimensi ini dapat membantu anak didik dalam proses pengenalan huruf alphabet.

memang saat ini saya baru mampu menuliskan penciptaan ide suatu produk. Yaah, siapa tahu suatu saat nanti saya bisa menciptakannya. SEMOGA.


TAGS buku abjad 4 dimensi ide produk baru


-

Author

Search

Recent Post